Copyright © www.aldakwah.org 2021. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Banjir dan Longsor Landa Aceh, Ribuan Rumah Terendam

ACEH Hujan deras dengan intensitas tinggi melanda Aceh, akibatnya sebagian daerah di kawasan barat selatan Aceh dilanda banjir, longsor dan terisolasi. Amblasnya tanah dan jalan raya dialami Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Kondisi ini menyebabkan sejumlah desa di kecamatan itu dilanda banjir.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menetapkan banjir dan longsor di kawasan Gunung Paro, Aceh Besar sebagai bencana provinsi. Ia pun menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten atau kota untuk tanggap darurat terhadap bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Aceh.

“Pak Gubernur sudah mengintruksikan kepada seluruh pemerintah di kabupaten/kota di Aceh untuk turun langsung ke lokasi banjir dan longsor,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Setda Aceh Mahyuzar di Banda Aceh, Senin (3/11/2014), demikian lansir liputan6.com.

Menurut catatan BPBD Aceh, banjir dan longsor terjadi di Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya. Degradasi lingkungan dan kerusakan sungai juga meningkatkan kerentanan.Penanganan darurat masih dilakukan. Data sementara dampak banjir di Aceh Barat Daya menyebabkan 8.000 rumah terendam banjir.

Di Aceh Besar sekitar 10.000 rumah dan di Aceh Jaya 1.863 rumah terendam banjir hingga 2,5 meter.Di Kab Aceh Jaya banjir merendam:
1). Kec. Jaya (Gmp. Gle Putoh, Gmp. Sapek, Gmp. Meudheun, Gmp. Lambaroh).
2.) Kec. Indra Jaya (Gmp. Kareung Ateuh, Gmp. Meudang Ghon, Gmp. Kuala Unga).
3). Kec. Sampoiniet (Gmp. Ligan, Gmp. Ie Jeurengeh, Gmp. Seumantok, Gmp. Meunasah Kulam, Gmp. Ranto Sabon, Gmp. Krueng Ayon, Gmp. Blang Mon Lueng, Gmp. Alue Groe, Gmp. Cot Punti).
4). Kec. Setia Bakti (Gmp. Sawang, Gmp. Baro, Gmp. Lhok Bot).
5). Kec. Darul Hikmah (Gmp. Masen, Gmp. Alue Gajah, Gmp. Teupin Asan).Dampak banjir:
- 1.863 kk/6.892 jiwa terdampak
- Pengungsi; Kec. Jaya 545 jiwa, Kec. Indra Jaya 825 jiwa, Kec. Sampoiniet 2.818 jiwa, Kec. Setia Bakti 151 jiwa dan Kec. Darul Hikmah 51 jiwa.

Kerugian Materil banjir di Aceh Jaya :

- ± 1.863 unit rumah terendam dengan tinggi banjir 75 – 250 cm.
- Akses jalan ke Kota Banda Aceh putus total.
- 5 unit rumah terkena longsor dengan di Kec. Jaya.
- Titik longsor ; Kec. 1 titik, Kec. Indra Jaya 1 titik, Kec. Sampoiniet 7 titik.

Upaya yang dilakukan, BPBD, TNI, Polri, SAR dan Muspika setempat sudah melakukan evakuasi, mendirikan tenda, dapur umum dan saat ini masih melakukan pendataan. Longsor dalam proses penanganan pembersihan.

muslimdaily.net