Copyright © www.aldakwah.org 2020. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Subhanallah, air zamzam mengandung mineral penyembuh segala macam penyakit

RIYADH – Mengutip laporan Saudi GAzzete pada Kamis (28/8/2014), air zamzam memiliki arti besar di dunia Muslim, dan dipercaya memiliki khasiat medis yang luar biasa. Muslim yang meminum air suci ketika mereka mengunjungi Saudi Arabia untuk menunaikan ibadah haji biasanya juga mengambil kembali sejumlah kecil air zamzam ke negara asal masing-masing untuk berbagi dengan teman dan keluarga.

Zamzam tidak seperti air lainnya karena mengandung banyak mineral penting yang memberikan kualitas penyembuhan dan rasa khas. Kesaksian tentang manfaat minum Zamzam telah didokumentasikan sepanjang sejarah Islam dan dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern, sebagaimana dilaporkan harian Al-Riyadh pada Rabu (27/8).

Sumur zamzam terletak di tempat yang paling suci di dunia Islam, yakni Mekah. Menurut sumber-sumber sejarah, sumur zamzam digunakan 4.000 tahun yang lalu untuk tanaman air. Mekah sendiri terhubung ke beberapa terowongan bawah tanah yang mengarah ke sumur zamzam, yang terletak 20 meter sebelah timur dari Ka’bah dengan kedalaman 40 meter.

Selain itu, air yang menarik sejumlah besar rasa hormat dan pujian di dunia Muslim, air Zamzam juga salah satu kebanggaan besar Kerajaan Arab Saudi. Penjaga dua masjid suci Raja Abdullah telah menempatkannya pada posisi penting dalam hal perawatan dan pemeliharaan sumur zamzam untuk memastikan bahwa selalu tersedia untuk para peziarah dan pengunjung Masjidil Haram. Pemerintah Arab Saudi juga telah membangun pabrik-pabrik negara menghasilkan jutaan botol berisi Zamzam setiap tahun.

Air zamzam juga memiliki reputasi bergengsi pada skala internasional seperti yang telah disertifikasi untuk manfaat kesehatan. Spesialis Rumah Sakit Raja Faisal & Pusat Penelitian di Riyadh menguji sampel air Zamzam dan sampel membuktikan kemurnian air dan kehadiran mineral berharga. Air zamzam didistribusikan dalam tabung 10 liter dan pengawasan konstan dan sering dan pengujian memastikan bahwa air yang sehat bagi tubuh manusia.

Dengan menggunakan teknologi canggih seperti ICP-MS dan ICP-OES, para peneliti telah menemukan bahwa air Zamzam kaya akan mineral berharga yang mempromosikan fungsi optimal tubuh. Selain itu, Nabi Muhammad (saw) menyebutkan air zamzam sebagai obat penawar penyembuhan.

Ahli hukum terkenal dan teolog, Ibnu Qayyim, mencatat bahwa air Zamzam memiliki seperti kualitas penyembuhan untuk itu bahwa manusia dapat bertahan hidup tanpa merasa lapar. Kejadian tersebut berdasarkan pengalaman Ibnu Qayyim saat sebuah insiden terjadi menimpanya dan ia kisahkan dalam bukunya, “Kedokteran Nabi”, saat itu Ibnu Qayyim jatuh sakit dalam waktu yang lama pada salah satu perjalanannya ke Makkah.

Ia mencari dokter atau obat, tetapi tidak menemukannya. Dia akhirnya minum air zamzam dan membaca Surah Al- Fatihah dalam setiap tegukannya. Ia mengaku air itu menjadi syari’at menyembuhkan tubuhnya. Setelah kejadian ini, Ibn Qayyim mengambil air zamzam sebagai obat pribadi untuk digunakan di perjalanan dan pada saat dibutuhkan secara mendesak.

Tak terhitung sampel air zamzam telah diperiksa selama 20 tahun terakhir. Adapun mineral berharga yang dikandungnya adalah kromium, selenium, kalsium, magnesium, kalium dan natrium dalam kadar yang tetap tinggi dan konsisten selama bertahun-tahun. Air zamzam sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita kekurangan kalsium, sebab bisa memberi mereka 3 gram kalsium per hari. Insyaa Allah.

(Arrahmah.com)