Copyright © www.aldakwah.org 2020. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Awas, Janji yang Tidak Ditepati Sama Saja Berkhianat

Sebuah janji harus ditepati. Pada siapapun kita mengucap janji, apabila kita tidak menepati janji itu berarti kita telah berkhianat. Sebaik-sebaiknya ucapan adalah ucapan yang datang dari Allah dan akan mendapatkan keberkahan dan seburuk-buruknya perkataan itu perkataan yang sangat buruk.

Komitmen terhadap janji pastinya kita harus bisa menerapkannya, bukannya untuk berkhianat. Sedangkan komitmen terhadap janji merupakan masalah yang ditentukan oleh Al-Qur’an.

Salah satu ayat yang membicarakan masalah ini adalah surat Al-Anfal ayat 27. Dalam ayat ini setelah melarang berkhianat kepada Allah dan Rasul-nya, dijelaskan pula tentang khianat yang biasa dilakukan kepada manusia dan terkait masalah ini Allah Subhanahu wa Ta’ala memperingatkan dan melarang manusia melakukannya.

Dalam sebuah hadits dari imam Baqir as disebutkan bahwa beliau memerintahkan Abu Hamzah Al-Tsumali yang ingin tinggal di Mekkah agar kembali untuk mengembalikan utangnya kepada seorang bermazhab Murijjah yang dari sisi pemikiran bertentangan dengan Islam. Beliau berkata, “Seorang mukmin tidak akan berkhianat.” [

Islampos.com

Sumber: 1001 siksa Alam Kubur/ Asan Sani Ar-Rafif/ Penerbit: Kunci Imam, 2014