Copyright © www.aldakwah.org 2021. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Terapkan Syariat, Wisatawan ke Aceh Malah Meningkat

JAKARTA - Penerapan sebagian hukum syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, ternyata tidak menghalangi kemajuan pariwisata. Meski menerapkan syariat Islam, jumlah wisatawan ke Aceh malah meningkat.

"Malah justru memperkenalkan Aceh sebagai destinasi syariah," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam Reza Pahlevi, di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Ia menuturkan hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) setiap tahunnya, terutama pasca tsunami. Tahun 2013, lanjutnya, kunjungan wisman mencapai 42.000 orang.

"Dari data statistik, banyak yang merupakan kunjungan berulang," kata Reza.

Ia menuturkan kunjungan wisman terbanyak berasal dari Malaysia. Jadi, lanjutnya, Aceh sudah sangat siap dengan kunjungan wisman.

Hanya saja, wisatawan diharapkan menghormati hukum syariah yang berlaku di Aceh. Misalnya cara berpakaian yang sopan dan tertutup.

Reza menambahkan bahwa Aceh memiliki beragam obyek wisata yang menarik. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah Pulau Sabang untuk penggemar wisata bahari.

Sementara Banda Aceh kaya akan wisata sejarah. Kuliner Aceh, salah satunya kopi gayo, bahkan sudah mendunia.

Kunjungan ke Sabang

Sementara itu, penyelenggaraan Pasar Wisata Indonesia 2014 atau Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) yang akan berlangsung di Banda Aceh pada 23-26 Oktober 2014 telah mengagendakan post tour ke Sabang.

Setiap penyelenggaraan TIME memang diakhiri dengan sebuah kunjungan ke destinasi andalan tuan rumah. Menurut Reza peserta TIME 2014 akan diajak ke Sabang.

"Kita akan menggunakan kapal yang sudah kita siapkan, menuju kilometer nol. Ini jika tidak ada kendala, karena tergantung cuaca cerah atau tidak," ungkap Reza.

Peserta akan diajak berkunjung ke beberapa pantai. Reza menambahkan pihaknya berkomitmen dalam mengadakan post tour tersebut dengan menyediakan kursi untuk 200 orang.

(SI Online)