Copyright © www.aldakwah.org 2023. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Kesaksian Mengerikan Pembantaian Warga Ahlussunah di Irak

IRAK - Pembantaian terhadap warga Muslim kembali terjadi di Irak, diduga dilakukan oleh militan Syiah yang disaksikan langsung tentara pemerintah yang tidak berdaya. Hal ini disampaikan oleh lima orang saksi mata kepadaReuters seperti dikutip CNN.

Kelima saksi mengisahkan pembantaian sedikitnya 72 warga Sunni Irak yang tidak bersenjata di desa Barwanah, provinsi Diyala, pada Senin (26/1). Kesaksian mereka hampir sama, komplotan berseragam menciduk warga dari rumah mereka, dibariskan dan dibuat berlutut, lalu beberapa orang ditembak hingga tewas.

Salah seorang saksi, Abu Omar, bercerita melalui telepon pada Reuters. Saat itu, kata Omar, sekitar pukul 3:30 dini hari datang 10 mobil Humvee yang membawa puluhan tentara di dalamnya.

Dari seragam yang berwarna hitam dan cokelat, Omar memastikan mereka adalah militan Syiah dan pasukan pemerintah. Beberapa di dalam Humvee itu berpakaian sipil. Mereka lalu menyisir rumah satu per satu dan mengeluarkan semua pria di dalamnya. Semuanya, bahkan pria berusia hingga 70 tahun, dipukuli dan dimaki dengan makian sektarian.

Para militan ini lantas mengambil kartu pengenal dan telepon seluler mereka. Omar dan putranya yang mengalami kelainan psikologis, 12, diikat dengan tali. Mereka lalu dibawa ratusan meter ke arah ladang, ada ratusan pria telah berkumpul.

Selama sekitar dua jam, mereka dipaksa berlutut dan melihat ke tanah. Para militan lalu memilih targetnya dan membawa ke balik tembok yang terbuat dari lumpur. “Mereka membawa mereka ke belakang tembok. Kurang dari semenit, terdengar tembakan,” kata Abu Omar.

Warga yang selamat lainnya mengatakan, korban juga ditembak di gang-gang, rumah, di belakang masjid atau di tempat sampah.

Kesaksian yang sama disampaikan Abu Maz’el, 25, pengungsi dari Sinsil di Barwanah. Dia mengatakan, beberapa militan mengenakan gelang tangan bertuliskan Hussein, tokoh junjungan umat Syiah.

 

Maz’el diikat bersama dengan sepupunya yang berusia 35 tahun dan dipaksa berlutut. Sepupunya mendongakkan kepala lalu ditampar dan diseret ke sebuah tempat.

“Lima menit kemudian, mereka membawa dia dan membunuhnya,” kata Maz’el.

Jatuh seperti domino

Saksi lainnya mengatakan tentara pemerintah tidak berdaya dan hanya menyaksikan pembantaian tersebut. Beberapa di antara tentara itu terlihat menangis saat eksekusi dilakukan.

Saksi lainnya, Abdullah al-Jubouri, 23, mengaku lari dan bersembunyi di dalam tumpukan sampah saat Humvee datang. Dia melihat beberapa tentara dan militan dekat sekolah menembaki sekitar 13 pria yang berbaris dengan tangan terikat. 

“Saya melihat mereka berjatuhan seperti domino,” kata Jubouri.

Pemandangan usai tentara dan militan pergi sama mengerikannya. Wanita dan anak-anak menangisi suami dan ayah mereka yang terkapar tewas. Ratapan itu terdengar semalaman.

Jubouri mengaku menemukan mayat tetangganya di dalamnya rumahnya dengan lubang peluru menganga di kepala dan dada. Dia melihat mayat-mayat dengan luka yang sama di ladang dan di seluruh desa.

Abu Omar menemukan enam saudaranya terbunuh. Satu di dalam rumahnya dan sisanya di balik tembok di ladang.

Haqqi al-Jobouri, anggota dewan provinsi Diyala mengatakan pada Reutersada sedikitnya 72 orang tewas pada Senin itu. Sebanyak 35 lainnya hilang, diduga ditahan.

[rn/Islampos]