Copyright © www.aldakwah.org 2023. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Syaikh As-Sudais : Semua kaum muslimin bersaudara

JAKARTA - Imam Masjidil Harom, Syaikh Abdurrahman bin Abdul 'Aziz As Sudais  mengunjungi Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Indonesia, Jl.Buncit Raya 5a, Jakarta Selatan, Senin (27/10/2014). Kepala Umum Masjidil Harom Mekkah dan Masjid Nabawi ini disambut hangat oleh Direktur LIPIA di Indonesia, Dr. Abdurrahman Ad Deham beserta civitas acedimia. As Sudais berkesempatan memberikan ceramah singkat di hadapan sekitar 2000 mahasiswa LIPIA yang memadati masjid kampus LIPIA

Dalam kunjungannya kali kedua dalam rentang tiga tahun terakhir ini, As Sudais sangat  mengapresiasi kesungguhan Kerajaan Arab Saudi serta kerjasama Pemerintah Indonesia dalam membangun lembaga pendidikan Islam yang mencetak para bibit ulama seperti di LIPIA. Dalam ceramahnya, As Sudais berulang kali mengingatkan mengenai keistimewaan ulama. Saat manusia mati meninggalkan nama, ulama tetap hidup dengan ilmu mereka yang menyebar. Allah meninggikan derajat mereka dengan ilmu yang mereka ikhlaskan hanya untuk Allah.

"Dalam menuntut ilmu agama hendaknya kita mengikuti metode pemahaman yang ditinggalkan Rasulullaah Sholallahu 'Alaihi Wa Salla, dan para pendahulu umat ini, yaitu para sahabat, generasi tab'in dan tabiut tabi'iin, imam mahdzhab yang empat serta para 'ulama ahlus Sunnah wal jama'ah,"ujar As Sudais. Menurut Doktor Ushul Fikih  ini, mengikuti pemahaman para generasi pendahulu umat berarti sesuai apa yang diikehendaki Allaah sebagai bentuk ideal umat Islam. Yaitu umat pertengahan, antara 'Tafrit dan Ifrot'. Antara sikap ektrim berlebihan dan sebaliknya, terlalu memudah-mudahkan. Pemahaman ini adalah pemahaman yang selamat terutama di tengah banyaknya fitnah atau kerusakan yang menimpa umat islam saat ini.  Tidak lupa As Sudais mengingatkan akan pentingnya mengikuti akhlak tenggang rasa para ulama terutama ketika terjadi perbedaan pendapat. 

Di akhir pertemuan, As Sudais mengingatkan bahwa  sesungguhnya tidak ada yang membatasi hubungan antar umat Islam di seluruh Dunia. "Kita kaum muslimin semuanya bersaudara," ujarnya.

 As Sudais yang datang ke LIPIA disertai Syeikh Ibrahim Sulaiman Alnugaimsy Direktur Atase Agama Kedutaaan Saudi Arabi,  dijadwalkan akan mengisi seminar mengenai dunia Islam yang menghadirkan sejumlah ulama besar dari Kerajaan Saudi Arabia dan Indonesia, selasa (28/10) besok.

aldakwah/mediacenterlipia